buah salak untuk kesehatan pencernaan

Buah Salak (Salacca Edulis) merupakan salah satu buah tropis yang banyak diminati oleh orang Jepang, Amerika, dan Eropa. Buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan dapat dikonsumsi sebagai buah segar maupun diolah sebagai jus atau  manisan. Di Indonesia  sendiri, buah salak tidak terlalu populer dibandingkan buah lain seperti pisang atau jeruk yang sering menjadi teman pencuci mulut setelah makan, sebagian orang justru menghindari buah salak ini karena banyak yang
mengeluh mengalami kesulitan untuk buang air besar setelah mengkonsumsinya
Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa buah salak yang memiliki rasa manis dan kadang sepat ini mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan, sebelumnya patut disimak kandungan gizi  buah salak per 100 gr pada tabel berikut:

No
Kandungan gizi
Proporsi
1
Kalori
77 kal
2
Protein
0,40 g
3
Karbohidrat
20,90 g
4
Kalsium
28,00 mg
5
Fosfor
18,00 mg
6
Zat besi
4,20 mg
7
Vitamin B
0,04 mg
8
Vitamin C
2,00 mg
9
Air
78,00 mg
10
Bagian yang dimakan
50%

Bila dilihat dari tabel di atas, kandungan  yang terdapat dalam 100 gr buah salak ternyata tidak sedikit, sehingga bisa saja buah ini menjadi favorit baru bagi pencinta buah.
Salah satu manfaat dari buah salak adalah dapat membantu program diet, Kandungan zat gizi dan fitonutrien yang ada di dalam buah salak memang berpotensi membantu program diet.  Di dalam buah salak terdapat vitamin C  sebanyak 2 mg, tanin dan serat. Kita mengetahui bahwa serat dapat memberikan rasa penuh atau kenyang lebih lama karena memerlukan waktu untuk diserap oleh usus.
Tidak hanya untuk membantu program diet, buah salak juga bisa digunakan untuk merawat kesehatan mata. Vitamin yang digunakan memelihara dan menjaga kesehatan mata adalah vitamin A,  penelitian terakhir menyebutkan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram salak kurang lebih 5,5 kali lebih banyak dibanding buah mangga, 3 kali lebih banyak dibandingkan jambu biji dan 5 kali dari semangka merah, cukup banyak bukan kandungan vitamin untuk mata dalam buah salak
untuk mengurangi kekhawatiran akan mengalami kesulitan BAB, jangan lupa untuk mengkonsumsi salak dengan kulit arinya. Cobalah untuk tidak menguliti salak sampai bersih, karena kulit ari ini yang dipercaya bisa mengatasi kesulitan BAB jika memakan banyak buah salak atau minum banyak jus salak. Selamat mencoba.

 
2012 Hutan Obat | Header Image by Game Wallpapers
Avatar Gamezine Designed by Cheapest Tablet PC
Supported by Phones 4u